PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERUPA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRODAT KELAS VII DI MTS MA‘ARIF NU 06 BOJONGSARI PURBALINGGA

Muhammad Asis, Ulumuddin (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERUPA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRODAT KELAS VII DI MTS MA‘ARIF NU 06 BOJONGSARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Asis Ulumuddin_Pengembangan Media Interaktif Berupa Aplikasi Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Mufrodat Kelas VII di MTs Ma'arif NU 06 Bojongsari Purbalingga.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERUPA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MUFRODAT KELASVII DI MTS MA‘ARIF NU 06 BOJONGSARI PURBALINGGA MUHAMMAD ASIS ULUMUDDIN NIM : 214110403112 Abstrak : Perkembangan teknologi dan informasi telah berdampak pada perkembangan bidang pendidikan. Media interaktif merupakan salah satu pemanfaatan yang bisa dimanfaatkan. Hal ini bisa menjadi jawaban dari pembelajaran bahasa Arab yang kebanyakan masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa pengembangan atau R&D dengan menggunakan model pengembangan DDD_E. Model pengembangan DDD-E (decide, develop, design, evaluate). Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari Purbalingga dengan subjek penelitian yaitu kelas VII B. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh 25 siswa kelas VII sebagai uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah angket validasi meliputi aspek kelayakan isi (materi) dan kelayakan desain (media), angket kepastian dari guru dan murid , serta hasil tes belajar siswa. Data validasi dan angket dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan telah teruji valid oleh validator ahli media dengan presentase 74 %, dan ahli materi sebesar 80%. Selanjutnya, media pembelajaran juga sangat praktis digunakan oleh peserta didik dengan presentase yang didapatkan sebesar 83%, dan hasil kepastian dari guru sebesar 82% .Media pembelajaran juga efektif digunakan dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 84%.Dari hasil penelitian yang dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan untuk tambahan pembelajaran untuk peningkatan pemahaman siswa terhadap mufrodat. Kata Kunci : Aplikasi Berbasis Android, Media Interaktif, Model DDD-E, R&D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Berbasis Android, Media Interaktif, Model DDD-E, R&D
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Asis Ulumuddin
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:20
Last Modified: 26 Jun 2025 08:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31295

Actions (login required)

View Item View Item