PENERAPAN METODE TALTAHMUR (TALAQQI, TAHSIN, DAN MUROJA’AH) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA MTS RAUDLATUL HUDA ADIPALA KABUPATEN CILACAP

Mar'atun, Solikhah (2025) PENERAPAN METODE TALTAHMUR (TALAQQI, TAHSIN, DAN MUROJA’AH) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA MTS RAUDLATUL HUDA ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MAR'ATUN SOLIKHAH_PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam dan juga menjadi pedoman hidup umat Islam dalam menjalani kehidupan. Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Hukum menghafal Al-Qur’an yaitu fardhu kifayah yang artinya semua umat muslim wajib melaksanakan, namun jika sudah ada seseorang yang melakukannya, maka gugur kewajiban umat muslim lainnya. Salah satu metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an di MTs Raudlatul Huda Adipala adalah metode taltalmur (talaqi, tahsin, dan muroja’ah). Tujuan dari metode taltahmur (talaqqi, tahsin, muroja’ah) yang diterapkan pada kelas tahfidz adalah untuk membantu siswa dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Penerapan metode taltahmur membantu siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan target satu tahun satu juz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode taltahmur dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Raudlautul Huda Adipala. Penelitian ini mengambil data langsung dari apangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tahapan dalam penerapan metode taltahmur di MTs Raudlatul Huda Adipala yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kata kunci: Metode menghafal Al-Qur’an, Metode Taltahmur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode menghafal Al-Qur’an, Metode Taltahmur
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAR'ATUN SOLIKHAH
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:53
Last Modified: 30 Jun 2025 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31293

Actions (login required)

View Item View Item