RISALATUL, MUAWANAH (2025) PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL NURUL HIKMAH MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
RISALATUL MUAWANAH_PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL NURUL HIKMAH MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEGAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab memiliki peran penting dalam pendidikan Islam karena menjadi kunci dalam memahami ajaran agama, literatur keislaman, dan berbagai ilmu pengetahuan. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran bahasa Arab masih sering dianggap sulit oleh peserta didik dan dapat menimbulkan kebosanan jika tidak disajikan dengan cara yang menarik. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan variasi media pembelajaran yang mampu mempermudah pemahaman dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Islamic Boarding School Nurul Hikmah Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal menjadi contoh lembaga yang menerapkan berbagai media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan variasi media pembelajaran bahasa Arab di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai media, yaitu video kartun berbahasa Arab yang dimanfaatkan untuk melatih keterampilan mendengar dan mengenalkan percakapan melalui kegiatan menyimak video sambil mencatat kosakata dan kalimat yang muncul, permainan Qissotul Musalsal yang digunakan untuk melatih keterampilan mendengar, berbicara, dan menulis dengan cara siswa membisikkan kalimat dalam kelompok hingga barisan terakhir lalu menuliskannya, serta platform Wordwall yang diterapkan dalam bentuk teka-teki silang untuk melatih keterampilan menulis huruf hijaiyah secara tepat, di mana siswa yang mengetahui jawaban maju dan menjawab secara langsung. Penggunaan media yang bervariasi ini dipaparkan oleh guru dan siswa sebagai bagian dari pendekatan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih hidup, memudahkan pemahaman materi, dan menumbuhkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di lingkungan boarding school.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Media, Pembelajaran Bahasa Arab, Islamic Boarding School |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Risalatul Muawanah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |