INTERNALISASI NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE 5M DALAM MENGHAFAL HADIS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 PURWOKERTO

Yuniar, Rahmawati (2025) INTERNALISASI NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE 5M DALAM MENGHAFAL HADIS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yuniar Devita Rahmawati_Internalisasi Nilai Agama dan Moral Melalui Metode 5M Dalam Menghafal Hadis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses internalisasi nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui penerapan metode 5M. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Miles dan Huberman dan diuji dengan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan internalisasi nilai agama dan moral disekolah meliputi kegiatan pembiasaan, keteladanan, peniruan, dan praktik. Nilai agama dan moral juga diinternalisasikan melalui metode 5M (Membacakan, Mendengarkan, Menirukan, Menghafalkan, dan Menggerakan) dalam menghafal hadis. Internalisasi nilai agama dan moral ini berhasil dilaksanakan disekolah tersebut yang secara efektif dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak-anak, peserta didik tidak hanya mampu menghafalkan hadis secara verbal, tetapi juga memahami makna dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melalui internalisasi menggunakan metode 5M ini bisa dijadikan sebagai alternatif pembelajaran khususnya Pendidikan karakter berbasis nilai agama pada jenjang PAUD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Internalisasi, Nilai Agama dan Moral, Metode 5M.
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yuniar Devita Rahmawati
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:00
Last Modified: 26 Jun 2025 05:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31286

Actions (login required)

View Item View Item