IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS

Windiarti, Windiarti (2025) IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK MA'ARIF NU 1 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Windiarti_Implementasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas X di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan penerapan metode pembelajaran guna meningkatkan minat, pemahaman, serta keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, karena permasalahan yang sering dihadapi adalah kurangnya minat siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ketika menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian guru PAI dan Budi Pekerti, peserta didik kelas X TKJ E dan F, waka kurikulum, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara secara mendalam dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyusun modul ajar yang digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru melaksanakan langkah-langkah jigsaw dalam pembelajaran. Dan pada tahap evaluasi guru menggunakan tes formatif berupa pertanyaan spontan ketika proses pembelajaran akan berakhir, juga dengan memanfaatkan media berupa google form atau quizizz, dan menggunakan tes tertulis lainnya berupa ulangan harian, PTS, dan PAS. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw berjalan dengan efektif dan mendapat respon positif dari siswa, selain itu metode ini juga meningkatkan kerja sama antar anggota, melatih rasa tanggung jawab tiap individu, serta mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Windiarti Windiarti
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:15
Last Modified: 26 Jun 2025 05:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31260

Actions (login required)

View Item View Item