IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOBOOK PADA MAHARAH ISTIMA' DI MTS UNGGULAN MINHAJUT THOLABAH PURBALINGGA

Moh. Fathu Rizki, Ramadan (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOBOOK PADA MAHARAH ISTIMA' DI MTS UNGGULAN MINHAJUT THOLABAH PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MOH. FATHU RIZKI R_IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOBOOK PADA MAHARAH ISTIMA' DI MTs UNGGULAN MINHAJUT THOLABAH PURBALINGGA PDF.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang masih digunakan dalam lingkungan pendidikan di Indonesia baik formal maupun non formal. Maharah istima’ merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai untuk memahami dan memperdalam bahasa Arab sendiri. Di era digital ini, teknologi mempermudah pembelajaran dan perlu dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan melalui pengembangan media pembelajaran, khususnya audiovisual seperti audiobook memberikan solusi inovatif dan membantu proses pembelajaran lebih menarik dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi serta mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi media pembelajaran berbasis audiobook pada maharah istima’ di MTs Unggulan Minhajut Tholabah Purbalingga, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi media pembelajaran berbasis audiobook pada maharah istima’ MTs Unggulan Minhajut Tholabah Purbalingga dibagi menjadi 3 tahap, yaitu perencanaan, persiapan, pelaksanaan atau penggunaan media pembelajaran serta mengevaluasi pengalaman belajar. Adapun faktor pendukungnya meliputi ketersediaan fasilitas dan teknologi yang memadai, kualitas guru yang berpengalaman dan antusiasme peserta didik. Sementara hambatanya mencakup trouble pada alat dan perbedaan kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: maharah Istima’; media audiobook; implementasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Moh. Fathu Rizki R
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:53
Last Modified: 25 Jun 2025 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item