EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHARAH QIRA’AH BAGI SISWA KELAS X MAN 1 BANYUMAS

Taufiqta Azzukhrufi, Akhuliah (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHARAH QIRA’AH BAGI SISWA KELAS X MAN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Taufiqta Azzukhrufi Akhuliah_Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Qira’ah Bagi Siswa Kelas X MAN 1 Banyumas.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah mendorong peralihan dari buku cetak ke buku elektronik. Perubahan ini juga memengaruhi kurikulum pendidikan dengan menghadirkan media digital seperti suara dan video, serta menyesuaikan isi pembelajaran dengan kebutuhan zaman. Media pembelajaran yang inovatif menjadi tuntutan bagi para pendidik di era digital ini untuk memastikan bahwa pembelajaran menarik dan relevan dengan masalah masyarakat. Dari berbagai platform media sosial, youtube merupakan salah satu platform yang paling diminati diberbagai kalangan. Video YouTube berisi dari berbagai konten, termasuk berita terkini, edukasi, materi belajar, dan tutorial. Oleh karena itu, aplikasi YouTube berpotensi digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan bahasa Arab siswa antara sebelum dan sesudah digunakannya aplikasi YouTube, serta mengetahui efektivitas penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperimental design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Random Sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-6 sebagai kelas kontrol dan kelas X-8 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data uji prasyarat yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian analisis data tes yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan Uji N-Gain untuk menilai tingkat peningkatan hasil belajar sebagai indikator efektivitas suatu perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media YouTube dengan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media buku (konvensional). Hal tersebut dibuktikan dengan output hasil uji Independent Sample T Test yang menunjukkan nilai signifikasi 0,007 yang artinya < 0,05. Jika signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, YouTube
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Taufiqta Azzukhrufi Akhuliah
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:17
Last Modified: 24 Jun 2025 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item