PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA N 1 SUMPIUH

Nur Wakhid, Ramadan (2025) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA N 1 SUMPIUH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Wakhid Ramadan_Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X SMA N 1 Sumpiuh.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Kemampuan pemahaman matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena menjadi dasar bagi pengembangan kemampuan lain seperti penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah. Salah satu faktor internal yang diduga memengaruhi kemampuan ini adalah self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sumpiuh. Populasi terdiri dari 395 siswa, dengan sampel sebanyak 208 siswa. Instrumen penelitian meliputi angket self-efficacy dan tes pemahaman matematis. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa angket memiliki 23 butir valid (reliabilitas 0,896), sedangkan tes terdiri dari 4 soal (reliabilitas 0,701). Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Rata-rata skor self-efficacy adalah 70,53 dan pemahaman matematis 17,83, dengan mayoritas siswa berada pada kategori sedang. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (Sig. = 0,200) dan uji linearitas menunjukkan hubungan linear (Sig. = 0,052). Hasil regresi linier sederhana menunjukkan self-efficacy berpengaruh negatif signifikan terhadap pemahaman matematis, dengan persamaan regresi Ŷ = 33,952 – 1,924X (Sig. = 0,000) dan R² = 0,379. Temuan ini bertentangan dengan teori Bandura yang menyatakan bahwa self-efficacy tinggi meningkatkan prestasi belajar. Kemungkinan penyebab hubungan negatif ini antara lain kesalahan skoring instrumen, pengukuran self-efficacy yang terlalu umum, overconfidence, dan variabel luar yang tidak dikendalikan. Disarankan dilakukan validasi ulang instrumen, pengukuran self-efficacy spesifik terhadap matematika, serta penelitian lanjutan secara kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Matematis, Self efficacy, Regresi Linier, SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Wakhid Ramadan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:42
Last Modified: 23 Jun 2025 08:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31219

Actions (login required)

View Item View Item