Amiati, Barokah (2025) PENGARUH AKTIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS MA'ARIF NU 06 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
AMIATI BAROKAH_Pengaruh Aktivitas Mengajar Guru terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 06 Bojongsari Kabupaten Purbalingga.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah aktivitas mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas mengajar guru terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari, Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur aktivitas mengajar guru dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis uji coba instrumen menggunakan uji validitas yang dilakukan dengan rumus perhitungan Product Moment Pearson dan uji reliabilitas yang dilakukan dengan rumus perhitungan Cronbach’s Alpha. Selanjutnya dilakukan uji pra syarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas regresi, dan uji keberartian regresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas mengajar guru terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari Kabupaten Purbalingga sebesar 16,6% sedangkan 83,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Aktivitas Mengajar Guru, Pemahaman Konsep, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Mengajar Guru, Pemahaman Konsep, Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Amiati Barokah |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:29 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |