MANAJEMEN PROMOSI DALAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE CILONGOK BANYUMAS

Masrurotul, Maghfiroh (2025) MANAJEMEN PROMOSI DALAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MASRUROTUL MAGHFIROH_MANAJEMEN PROMOSI DALAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI SD MUHAMMADIYAH CIPETE CILONGOK BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru di SD Muhammadiyah Cipete. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian, teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Ketua panitia penerimaan siswa baru. Data penelitian diperoleh dengan mengumpulkan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perencanaan manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru di SD Muhammadiyah Cipete dilakukan pada bulan Agustus tahun 2024. Perencanaan manajemen promosi dilakukan melalui rapat kepala sekolah berserta seluruh guru karyawan untuk membentuk kepanitiaan dan program promosi yang akan dilaksanakan seperti promosi digitalisasi melalui youtube, instagram, grup whatsaap dan promosi tradisional seperti penyebaran brosur, kunjungan ke sekolah, kegiatan sosial kemasyarakatan, promosi mulut ke mulut. Kedua, pada proses pengorganisasian manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru terdapat pembagian tugas dalam program-program yang direncanakan dengan mengalokasikan sumber daya sesuai dengan bidangnya. Ketiga, pada proses pelaksanaan manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru di SD Muhammadiyah Cipete melalui promosi digitalisasi dengan mengunggah konten-konten segala kegiatan siswa seperti lomba, kegiatan belajar-mengajar maupun ektrakurikuler. Keempat, dalam evaluasi manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru di SD Muhammadiyah Cipete dilakukan secara berkala untuk memantau progres pendaftar. Implikasi manajemen promosi dalam rekrutmen peserta didik baru di SD Muhammadiyah Cipete mengahasilakan sejumlah 66 pendaftar di awal gelombang 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Promosi, Rekrutmen, Peserta didik baru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Masrurotul Maghfiroh
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:30
Last Modified: 24 Jun 2025 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31203

Actions (login required)

View Item View Item