ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN DI KELAS XI MA SMART ROUDLOTULJINAN CILACAP

Mely, Nur Fadilah (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN DI KELAS XI MA SMART ROUDLOTULJINAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
mely nur fadilah 1817407019pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran penting dalam kehidupan sehari-hari,namun masih dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian siswa. Kesulitan dalam menyelesaikan soalmatematika, khususnya materi lingkaran, disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dan kecenderungan meniru cara guru tanpa memahami langkah-langkah penyelesaian. Hal ini memicu perlunya analisis kesalahan siswa agar proses pembelajaran dapat diperbaiki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek lima siswa kelas XI MA Smart Roudlotul Jinan Cilacap. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sebagai uji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesalahan dalam memahami soal, transformasi, proses perhitungan, dan penulisan jawaban akhir berdasarkan prosedur Newman. Kesalahan ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep, kurangnya ketelitian, dan sikap terburu-buru. Prosedur Newman efektif digunakan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Materi Lingkaran, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Prosedur Newman.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Mely Nur Fadilah
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:31
Last Modified: 24 Jun 2025 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31202

Actions (login required)

View Item View Item