PENGARUH SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 07 PURBALINGGA

Indriyani, Indriyani (2025) PENGARUH SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 07 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indriyani_Pengaruh Self-Concept Terhadap __Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs __Muhammadiyah 07 Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Self-concept merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika. Siswa dengan self-concept positif cenderung lebih percaya diri, serius, dan aktif dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 07 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi terdiri dari 140 siswa kelas VII, dengan sampel sebanyak 104 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian meliputi angket untuk mengukur self-concept dan tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata self-concept siswa dan kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori sedang. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara self-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan R Square sebesar 0,106. Artinya, self-concept memberikan kontribusi sebesar 10,6% terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dapat disimpulkan bahwa self-concept berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, meskipun kontribusinya tidak dominan. Oleh karena itu, diperlukan upaya pembentukan self-concept positif dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, matematika, self-concept
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Indriyani Indriyani
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:43
Last Modified: 19 Jun 2025 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item View Item