ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER BAHASA ARAB BERBASIS ANATES PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH PATIKRAJA BANYUMAS

Fadlun, Hardiyanto (2025) ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER BAHASA ARAB BERBASIS ANATES PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FADLUN HARDIYANTO_ANALISIS BUTIR SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER BAHASA ARAB BERBASIS ANATES PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH PATIKRAJA BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif adalah proses yang melibatkan banyak elemen, mulai dari tujuan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas butir soal Sumatif Akhir Semester Bahasa Arab kelas VIII MTs Muhammadiyah Patikraja dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh menggunakan aplikasi ANATES. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunalan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi ANATES 4.09 dengan subyek penelitian berjumlah 49 peserta didik Siswa MTs Muhammdiyah Patikraja. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Dari segi validitas soal dapat dikatakan baik dengan korelasi xy: 0,75. Sedangkan hasil dari validitas item soal dapat dilihat bahwa terdapat 34 item soal (97%) yang valid dan 1 item soal (3%) yang dinyatakan tidak valid; (2) Dilihat dari segi reliabilitas soal dapat dikatakan bahwa instrumen soal berada pada kategori reliablitas tinggi (Reliabel), yaitu 0,85 lebih dari 0,70; (3) Dilihat dari tingkat kesukaran, dari 35 butir soal terdapat 5 butir soal sukar (14%), 27 butir soal sedang (77%), 3 butir soal mudah (9%); (4) Dilihat dari segi daya pembeda, diperoleh 5 butir soal (14%) dikategorikan sangat baik, 14 butir soal (40%) dikategorikan baik, 9 butir soal (26%) dikategorikan cukup, 7 butir soal (20%) dikategorikan poor atau jelek dan 0 butir soal yang dikategorikan negatif; (5) Dilihat dari segi kualitas pengecoh, diperoleh hasil dari 35 butir soal terdapat 30 butir soal (85,71%) berkategori sangat baik, 4 butir soal (11,43%) berkategori baik, dan 1 butir soal (2,86%) berkategori cukup. Maka secara keseluruhan soal yang bisa dipakai atau digunakan 28 soal (80%) dan soal yang tidak bisa dipakai atau diganti 7 soal (20%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Evaluasi, Analisis Butir Soal, Anates 4.09
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadlun Hardiyanto
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:41
Last Modified: 19 Jun 2025 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item