IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII A SMP PGRI WANGON TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Maulidya Nur, Cahyawati (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII A SMP PGRI WANGON TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAULIDYA NUR CAHYAWATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII A SMP PGRI WANGON.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hingga saat ini, sebagian besar praktik pendidikan lebih menekankan pada instruktur dari pada siswa. Alih-alih membiarkan siswa hanya duduk dan mendengarkan, guru berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Hasilnya adalah pembelajaran yang kurang optimal karena siswa hanya memperoleh informasi dari satu guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi pembelajaran konstruktivistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A SMP PGRI Wangon. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII A dan siswa kelas VIII A sejumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMP PGRI Wangon. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran konstruktivistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membuat siswa aktif, kreatif, dan siswa senang untuk mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam hasil belajar siswa cukup memuaskan dengan rata-rata nilai 83,2 dan melebihi batas KKM yakni 75. Dalam pembelajaran siswa mengkonstruksi pengetahuan yang dimiliki melalui pengalaman belajar dengan menerapkan pembelajaran konstruktivistik, siswa mampu membandingkan dan mengambil Keputusan akan kesamaan dan perbedaan suatu hal dengan menggunakan kemampuan dan pengetahuan dari hasil mengembangkan ide-ide siswa, kemudian siswa dapat mengingat dan mengungkapkan Kembali penglamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Konstruktivistik
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidya Nur Cahyawati
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:54
Last Modified: 18 Jun 2025 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item