NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TRADISI KUPATAN SENEN PAHING ANAK PUTU TRAH BONOKELING DI DESA PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Ana, Khoerotunnisa (2025) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM TRADISI KUPATAN SENEN PAHING ANAK PUTU TRAH BONOKELING DI DESA PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi ana khoerotunnisa (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi kupatan senen pahing anak putu trah bonokeling di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas dan mengetahui nilai pendidikan akhlak yang termuat dalam tradisi kupatan senen pahing. peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pada saat melakukan analisis data, peneliti merujuk pada teori James P. Spradley. Teori tersebut menjabarkan 12 langkah yang harus dilakukan peneliti untuk mengungkap rumusan masalah yang telah disusun. Hasil penelitian yang peneliti peroleh mengenai alur pelaksanaan tradisi kupatan senen pahing yaitu anak putu trah bonokeling kumpul di rumah bedogol, perwakilan anak putu trah bonokeling melakukan rikat pesarean kyai bonokeling dan sahabat, anak putu trah bonokeling berkumpul dibalai malang, anak putu trah bonokeling melakukan musyawarah, anak putu trah bonokeling melakukan mundu dan dilanjutkan dengan makan bersama. Adapun nilai nilai pendidikan akhlak yang termuat dalam tradisi kupatan senen pahing diantaranya yaitu nilai bersyukur, toleransi, memuliakan tamu, tolong menolong, keadilan, dan memelihara lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Putu Trah Bonokeling, Pendidikan Akhlak, Tradisi.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ana Khoerotunnisa
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:54
Last Modified: 17 Jun 2025 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item