Nafilah, Husna (2025) PENERAPAN KONSEP EDUTAINMENT SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MUHAMMADIYAH LARANGAN KELAS 3 KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nafilah Al Husna_Penerapan Konsep Edutainment Sebagai Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MI Muhammadiyah Larangan Kelas 3 Kabupaten Purbalingga.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti konsep pembelajaran Edutainment yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan semangat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menunjukkan adanya peserta didik yang awalnya malas belajar menjadi semangat belajar karena dengan metode Edutainment ini mendorong peserta didik untuk mengeksplor dan menemukan permasalahan dalam suatu materi pembelajaran hingga dapat menemukan cara penyelesaiannya. Hal tersebut dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajarnya sekaligus menumbuhkan kreatifitas belajarnya. Hal ini seperti yang dilakukan di MI Muhammadiyah Larangan. Kegiatan pembelajaran di MI Muhammadiyah Larangan pada mata pelajaran PAI dilakukan dengan beberapa strategi salah satunya yaitu konsep Edutainment. Peserta didik diminta untuk menemukan materi yang akan dipelajari dengan mengunakan permainan dan bernyanyi untuk pembelajaran dan menghafal materi PAI. Pembelajaran PAI dinilai sangat penting karena dapat mengajarkan kepada peserta didik tentang pentingnya bersikap dan berkpribadian baik sesuai ajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran PAI berlangsung didalam kelas dengan menggunakan konsep Edutainment. Kemudian melakukan wawancara dengan guru PAI, serta melakukan dokumentasi sebagai bahan keterangan mengenai berbagai soal dalam penelitian. Maka berdasarkan hal diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep Edutainment dapat membangun semangat belajar dan meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Edutainment, Strategi, Pembelajaran PAI. |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nafilah Al Husna |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:14 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |