MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM NUJU PINTER CILONGOK BANYUMAS

Anisatun, Apriliani (2025) MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM NUJU PINTER CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anisatun Apriliani_MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM NUJU PINTER CILONGOK BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan suatu rancangan pembelajaran yang menjadi dasar arah dan tujuan pendidikan. Manajemen kurikulum sebagai langkah penting dalam memastikan seluruh kegiatan pembelajaran berjalan efektif, terarah, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Nuju Pinter Cilongok Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan secara kolaboratif oleh ketua PKBM, ketua jenjang, dan para tutor melalui rapat yang membahas distribusi mata pelajaran, penetapan guru mata pelajaran, penetapan wali kelas, penentuan guru piket, serta persiapan perangkat administrasi pembelajaran dan media serta sumber belajar. Pelaksanaan kurikulum dilakukan secara hybrid (luring dan daring) untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang juga bekerja, dengan RPP sebagai acuan utama dan metode pembelajaran yang bervariasi serta menyenangkan. Penilaian hasil belajar dilakukan secara tatap muka melalui evaluasi formatif dan sumatif yang mencakup ulangan, tugas, proyek, dan praktik. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa aspek konteks telah relevan dengan kebutuhan peserta didik, aspek input menunjukkan pemanfaatan media dan sumber daya secara efektif meskipun sarana luring masih perlu ditingkatkan, aspek proses mencerminkan pelaksanaan yang sesuai rencana dan melibatkan peserta didik secara aktif, serta aspek produk menunjukkan hasil positif baik dalam capaian akademik maupun pengembangan karakter. Dengan demikian, kurikulum telah berjalan efektif, namun tetap memerlukan evaluasi berkelanjutan demi peningkatan kualitas pembelajaran ke depan. Kata Kunci: Pendidikan Kesetaraan, Manajemen Kurikulum dan PKBM Nuju Pinter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesetaraan, Manajemen Kurikulum dan PKBM Nuju Pinter.
Subjects: 900 Geography and history > 907 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisatun Apriliani
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:49
Last Modified: 17 Jun 2025 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item