Rizka Riza, Arlini (2025) IMPLEMENTASI BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP IT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO (PERSPEKTIF TEORI THOMAS LICKONA DAN KI HADJAR DEWANTARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Rizka Riza Arlini_Implementasi Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto (Perspektif Teori Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Program Bina Pribadi Islam (BPI) merupakan salah satu bentuk pembinaan karakter religius siswa yang diterapkan di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto. Program ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak, memiliki kecerdasan moral, serta mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program BPI dalam membentuk karakter religius siswa serta mengkaji relevansinya dengan teori pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif pada dasarnya digunakan untuk mengamati, memahami, dan mendeskripsikan pelaksanaan program Bina Pribadi Islam (BPI) di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto serta bagaimana program tersebut berkontribusi dalam membentuk karakter religius siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa program BPI memiliki kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter religius siswa, program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islam tetapi juga mendorong mereka untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dalam program BPI juga membangun kebiasaan positif seperti kedisiplinan, kemandirian dan rasa tanggung jawab, kesadaran siswa dalam mengikuti kegiatan tanpa paksaan menunjukan bahwa program ini telah berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan berorientasi pada pendidikan karakter. Selain itu, program BPI sejalan dengan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, yang mencakup moral knowing, moral feeling, serta moral action dan juga mencerminkan konsep pendidikan berbasis budi pekerti yang dikemukakan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu ngerti, ngerasa, serta ngelakoni.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Bina Pribadi Islam (BPI), Karakter Religius |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizka Riza Arlini |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |