PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Tobingatus, Salimah (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TOBINGATUS SALIMAH 1817407080.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan keterampilan dasar yang perlu dikembangkan oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Keterampilan ini sangat penting karena salah satu tujuan utama pendidikan matematika adalah memungkinkan siswa untuk menerapkan penalaran dalam memahami bentuk dan sifat matematika, melakukan manipulasi matematis untuk mengembangkan generalisasi, membangun pengetahuan faktual, serta mengemukakan argumen dan pernyataan matematika. Di antara berbagai faktor yang dapat memengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya kepercayaan diri. Siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi cenderung lebih giat dalam memecahkan masalah, menunjukkan ketekunan dalam mengatasi kesulitan, dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Purwokerto dengan populasi sebanyak 396 siswa kelas XI. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 199 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua instrumen, yaitu angket untuk mengukur variabel kepercayaan diri dan tes untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Besarnya pengaruh tersebut tercermin dari nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,203, yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri menyumbang 20,3% terhadap variasi kemampuan penalaran matematis siswa. Sisanya sebesar 79,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil ini menegaskan pentingnya menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Kemampuan Penalaran, Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Tobingatus Salimah
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:49
Last Modified: 17 Jun 2025 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31120

Actions (login required)

View Item View Item