Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berinteraksi Pada Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng

Rifky, Bagus Saputro (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berinteraksi Pada Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rifky Bagus Saputro_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berinteraksi Pada Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berinteraksi peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Berdasarkan latarbelakang tersebut penulis memilih model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berinteraksi pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berinteraksi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Kedung banteng dengan jumlah 192 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai N-Gain kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,6816 yang termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata nilai N-Gain kemampuan pemahaman konsep pada kelas kontrol sebesar 0,5377 yang termasuk dalam kategori sedang. Kemudian rata-rata nilai N-Gain kemampuan berinteraksi pada kelas ekperimen sebesar 0,4003 yang termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata nilai N-Gain kemampuan berinteraksi pada kelas kontrol sebesar 0,1027 yang termasuk kategori rendah. Menunjukkan rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan rata-rata nilai N-Gain pada kelas kontrol. Hasil uji-t kemampuan pemahaman konsep menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dan kemampuan berinteraksi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berinteraksi pada kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berinteraksi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Rifky Bagus Saputro
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:51
Last Modified: 12 Jun 2025 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item