Ilfen, Adinda Hapsari (2025) STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MA AL-HIKMAH 1 BENDA-SIRAMPOG-BREBE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
d4f25207-3756-422a-860f-70c86ba051ad.docx(1).pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan persaingan menjadi tidak dapat di hindari lagi,banyak lembaga pendidikan yang di tinggalkan oleh pelanggannya. Akibatnya banyak penggabungan lembaga pedidikan salah satunya adalah madrasah. Madrasah harus dapat memasarkan sekolahnya untuk bertahan hidup, karena suatu sekolah apapun bagusnya akan kehilangan banyak siswa jika tidak di promosikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di MA Al-hikmah 1 Brebes. 2) memaparkan dan menganalisis implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di MA Al-hikmah 1 Brebes. 3) menjelaskan dan menganalisi evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik barundi MA Al-hikmah 1 Brebes. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik yang di gunakan untuk mengumpulakn data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang di gunakan yaitu data reduction,data display, conclusion drawing.Penelitian ini menghasilkan deskripsi sebagai berikut : 1) perencanaan strategi pemasaran lembaga pendidikan di MA Al hikmah 1 Brebes di lakukan secara terstruktur mulai dari pembentukan tim PPDB yang terdiri dari kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan karyawan MA Al hikmah 1 Brebes, menentukan target dalam mempromosikan sekolah seperti waktu, tempat dan terget peserta didik. 2) Implementasi yan di lakukan yaitu dengan menawarkan produk unggulan yaitu takhfidzul qur’an. Promosi yang di lakukan oleh MA Al-hikmah 1 ini yaitu melalui media cetak, media elektronik, serta dari kepuasan para alumni-alumni dan msyarakat yang di lakukan dengan mulut ke mulut. 3) Evaluasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penerimaan peserta didik bar di MA Al-hikmah 1 Brebes yaitu dengan melakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus agar hambatan-hambatan yang ada dapat di atasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pemasaran Lembaga Pendidikan, Peserta Didik Baru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ILFEN ADINDA HAPSARI |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:06 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |