PELAKSANAAN PEMASARAN PENDIDIKAN OLEH ORGANISASI SISWA SMK DEWANTARA SUMBANG BANYUMAS

RETNO, RETNO WIDYAWATI (2025) PELAKSANAAN PEMASARAN PENDIDIKAN OLEH ORGANISASI SISWA SMK DEWANTARA SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
RETNO WIDYAWATI PELAKSANAAN PEMASARAN PENDIDIKAN OLEH ORGANISASI SISWA SMK DEWANTARA SUMBANG BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan termasuk ke dalam bisnis jasa non profit yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Munculnya banyak lembaga pendidikan mengharuskan lembaga pendidikan melakukan pemasaran jasa pendidikan untuk memperkenalkan diri di masyarakat, menarik hati masyarakat dan mempertahankan eksistensi lembaga. Pemasaran yang dilakukan SMK Dewantara Sumbang mampu memikat hati masyarakat melalui ditra positif yang diciptakan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pemasaran pendidikan yang digerakkan oleh organisasi siswa di SMK Dewantara Sumbang. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini berupa wawancara, pengamatan lapangan dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis melalui proses penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Penulis juga menggunakan triangulasi sumber data dan metode untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran pendidikan di SMK Dewantara Sumbang melalui beberapa proses manajemen yang dimulai dari perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan disusun dengan berisikan beberapa pembahasan seperti menetapkan tujuan, analisis SWOT, kajian pasar, segmentasi pasar, strategi pemasaran dan diferesiansi pendidikan. Pengorganisasian dilakukan dengan menempatkan sumber daya manusia ke dalam divisi tertentu dengan tugas dan kewajiban yang telah ditetapkan. Pelaksanaan pemasaran dilaksanakan menggunakan dua strategi utama yakni pelaksanaan kegiatan langsung yang berinteraksi dengan masyarakat dan kegiatan tidak langsung melalui media sosial. Pelaksanaan pemasaran SMK Dewantara Sumbang juga melibatkan organisasi siswa yang dimiliki. Evaluasi pemasaran dilakukan setelah kegiatan pemasaran selesai dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : manajemen, manajemen pemasaran pendidikan, organisasi siswa. MANAJEMEN, MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN, ORGANISASI SISWA
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.63 Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Retno Widyawati
Date Deposited: 14 May 2025 06:18
Last Modified: 14 May 2025 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30929

Actions (login required)

View Item View Item