Zuri, Pamuji (2025) PENGELOLAAN MADRASAH INKLUSIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Disertasi_Final_Zuri Pamuji.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENGELOLAAN MADRASAH INKLUSIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Zuri Pamuji. 224130100020. "Pengelolaan Madrasah Inklusif dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta". Promotor: Prof. Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag., Co-Promotor: Dr. H. M. Slamet Yahya, M.Ag., Disertasi Program Doktor di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pengelolaan kurikulum dan pembiayaan pada madrasah inklusif dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta arah pengembangannya berbasis kekhasan masing-masing madrasah. Penelitian lapangan ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif berbasis studi kasus prospektif multi situs, yang dilakukan di tiga madrasah inklusif di Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari – Desember 2024, dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi untuk menggali data. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model interaktif: kondesasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengelolaan kurikulum madrasah inklusif dilakukan melalui adanya upaya membangun mindset pelayanan yang inklusif, pembentukan tim pengembang kurikulum, merestrukturisasi kurikulum dengan bermuatan inklusif, melaksanakan kurikulum melalui pembelajaran yang inklusif, monitoring pembelajaran dan evaluasi kurikulum. Adapun pengelolaan pembiayaan di madrasah inklusif dilakukan melalui perencanaan dan pengorganisasian pembiayaan melalui penyusunan EDM dan RKAM yang mendukung pelayanan inkusif, pelaksanaan pembiayaan, monitoring dan evaluasi pembiayaan. Kedua, proses peningkatan kualitas pelayanan melalui pengelolaan kurikulum dan pembiayaan di madrasah inklusif dilandasi oleh pola kebijakan internal madrasah serta implementasi strategi peningkatan kualitas pelayanan. Adapun prosesnya meliputi: induction and strengthening inclusive values, curriculum and financing restructuring, enculturation of inclusive values, dan inclusive personnel refiguration in schools. Proses-proses ini juga mendasari adanya desain teori Inclusive Madrasah Curriculum Development (IMCD) dan desain teori Inclusive Madrasah Financing Management (IMFM) berbasis penyesuaian dari teori yang telah ada sebelumnya. Ketiga, arah pengembangan madrasah inklusif berbasis pengelolaan kurikulum dan pembiayaan dapat dilakukan melalui Inclusive Madrasah Stage Theory (Image Theory), meliputi: The Early Stage of Inclusive Madrasah, The Developing Stage of Inclusive Madrasah, serta The Decent Stage of Inclusive Madrasah. Kata kunci: kualitas, kurikulum, madrasah inklusif, pembiayaan, pengelolaan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas, kurikulum, madrasah inklusif, pembiayaan, pengelolaan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management |
Divisions: | Pascasarjana > Studi Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:59 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |