PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR LAYANAN, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI SEABANK (STUDI KASUS PADA NASABAH SEABANK DI PURWOKERTO)

Winda, Prayekti (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR LAYANAN, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI SEABANK (STUDI KASUS PADA NASABAH SEABANK DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WINDA PRAYEKTI_PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR LAYANAN, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI SEABANK (STUDI KASUS PADA NASABAH SEABANK DI PURWOKERTO).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada zaman modern saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, akibatnya rutinitas keseharian masyarakat dari beragam bidang kini terpusat pada digitalisasi. Penelitian ini menggunakan grand theory Theory of Planned Behavior (TPB) yang menyatakan bahwa keputusan individu dipengaruhi oleh sikap (attitude), norma subjektif (subjective norm), dan persepsi kontrol (perceived control). Kemajuan teknologi informasi dan perkembangan internet tidak hanya mengubah tatanan hubungan sosial saja, namun juga mengubah pola konsumsi dan aktivitas berbelanja hampir 50% pembeli global menggunakan pembayaran digital dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Digitalisasi perbankan muncul sebagai kebutuhan bagi masyarakat, konsep ini mengacu pada penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan perbankan, mengoptimalkan operasional, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk, fitur layanan, citra merek, dan promosi terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi SeaBank di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling pada pengambilan sampelnya menggunakan rumus Lemeshow. Google form digunakan untuk membantu menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan pengguna aplikasi SeaBank di Purwokerto, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Kualitas Produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi SeaBank di Purwokerto ; (2) fitur layanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi SeaBank di Purwokerto; (3) citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi SeaBank di Purwokerto; (4) promosi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi SeaBank di Purwokerto; (5) berdasarkan dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,478 sehingga variabel keputusan menggunakan (dependen) yang dapat dijelaskan oleh kualitas produk, fitur layanan, citra merek, promosi dalam penelitian ini sebesar 47,8% sedangkan 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Kata kunci: Kualitas Produk, Fitur Layanan, Citra Merek, Promosi, Keputusan Menggunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Fitur Layanan, Citra Merek, Promosi, Keputusan Menggunakan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Winda Prayekti
Date Deposited: 24 Apr 2025 22:54
Last Modified: 24 Apr 2025 22:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30718

Actions (login required)

View Item View Item