IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI TK TUNAS RIMBA 3 PURWOKERTO

Rina, Alya Esabela (2025) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI TK TUNAS RIMBA 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RINA ALYA ESABELA_IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI TK TUNAS RIMBA 3 PURWOKERTO.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Taman Kanak-Kanak (TK) di latar belakangi suatu masalah, berdasarkan pengamatan awal di TK Tunas Rimba 3 Purwokerto, terlihat perbedaan signifikan antara pembelajaran ekstrakurikuler Drumband dan pembelajaran kelas reguler, peserta didik menunjukkan pemahaman dan daya ingat yang lebih baik selama kegiatan Drumband serta berani menampilkan kemampuannya di depan orang tua. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi nilai-nilai karakter anak melalui ekstrakurikuler Drumband di TK Tunas Rimba 3 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui beberapa cara, yaitu observasi langsung, wawancara dengan pihak terkait, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter anak dapat di tanamkan melalui ekstrakurikuler Drumband di TK Tunas Rimba 3 Purwokerto. Nilai-nilai karakter yang berhasil ditanamkan yaitu karakter disiplin, percaya diri, tanggung jawab, dan kerjasama tim. karakter disiplin di tunjukan dengan anak mematuhi jadwal latihan dengan datang tepat waktu, mematuhi aturan-aturan yang berlaku selama kegiatan. karakter percaya diri pada saat anak tampil didepan audiens melalui pendekatan bertahap mulai dari latihan di depan pelatih, melibatkan orang tua, hingga penampilan di depan audiens. karakter tanggung jawab ditunjukan pada saat anak merawat alat musik setelah digunakan karena alat musik yang tidak dirawat dengan benar akan mengalami kerusakan, jika sudah mengalami kerusakan maka tidak dapat digunakan. Oleh karena itu jika sudah digunakan harap dikembalikan seperti semula, dan karakter kerjasama tim ditunjukan pada saat kegiatan dengan membawakan sebuah karya musik melalui latihan terstruktur yang menekankan koordinasi dan komunikasi antar anggota (melodi, perkusi, colour guard). Antusiasme anak-anak terlihat jelas saat mengikuti kegiatan, mereka menunjukan sikap disiplin selama berlatih, dan kemampuan mereka untuk tampil memainkan alat musik bersama-sama di depan umum. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah bahwa kegiatan ekstrakurikuler Drumband dapat menjadi sarana yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Batasan penelitian tersebut masih belum membahas lebih lanjut terkait pada dampak jangka panjang setelah lulus kejenjang pendidikan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Ekstrakurikuler Drumband, Nilai-Nilai Karakter Pendidikan Karakter.
Subjects: 700 The arts > 780 Music
700 The arts > 780 Music > 781 General principles and musical forms
700 The arts > 780 Music > 786 Keyboard and other instruments
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rina Alya Esabela
Date Deposited: 24 Apr 2025 22:50
Last Modified: 24 Apr 2025 22:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30708

Actions (login required)

View Item View Item