IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT

EKA, SRI RAHAYU (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
EKA SRI RAHAYU_IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI AL-ITTIHAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran yang sangat penting diajarkan kepada peserta didik sejak dini. Belajar Al-Qur’an meliputi pembelajaran membaca, menulis serta menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an di MI Al-Ittihad Pasir Kidul Purwokerto Barat. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpula data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program tahfidz Al-Qur’an di MI Al-Ittihad Pasir Kidul dimulai dengan adanya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun pada tahap perencanaan dimulai dari menentukan tujuan program, menentukan penempatan kelas tahfidz, menentukan kulifikasi guru pembimbing tahfidz, menentukan metode dan strategi, menentukan target hafalan, serta menentukan anggaran yang diperlukan. Pelaksanaan program tahfidz ini dilaksanakan pada hari senin sampai kamis, peserta didik dibagai menjadi dua kelompok yaitu tahap membaca yang menggunakan metode tahsin bin-nadhar dan tahap menghafal menggunakan metode tahfidz bil-ghoib atau tasmi. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan membaca do’a bersama kemudian secara bergantian peserta didik menyetorkan hafalannya kepada guru pembimbing Tahfidz. Kemudian pada tahap evaluasinya menggunakan tes lisan, dilaksanakan ketika peserta didik menyelesaikan satu surah, satu juz, kemudian ujian tasmi didepan wali murid ketika sudah lancar hafalannya. Program ini berjalan dengan baik dan tidak hanya mengajarkan siswa menghafal Al-Qur’an tetapi juga membiasakan mereka untuk membaca Al-Qur’an. Dari program itu kemudian terbentuklah kebiasaan membaca Al-Qur’an dan kemudian dengan pembiasaan yang dilakukan melalui kegiatan muraja’ah bersama, salat duha berjamaah dan pembiasaan membaca yasin tahlil bersama. Secara keseluruhan program ini sudah tergolong baik dan sudah berjalan sebagaimana mestinya. Dengan kegiatan yang diulang-ulang tersebut setiap harinya semakin mendekatkan peserta didik dengan Al-Qur’an yang pada akhirnya menumbuhkan pembiasaan membaca Al-Qur’an pada peserta didik. Kata kunci: pembentukan, kebiasaan, program tahfidz, peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembentukan, kebiasaan, program tahfidz, peserta didik.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Sri Rahayu
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:48
Last Modified: 24 Apr 2025 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item