UPAYA GURU DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BAHASA DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT (STUDI KASUS: PADA ANAK DENGAN SPEECH DELAY)

Muhammad, Irfan Prasetyo (2025) UPAYA GURU DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BAHASA DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT (STUDI KASUS: PADA ANAK DENGAN SPEECH DELAY). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Irfan Prasetyo_Upaya Guru Dalam Menstimulus Kemampuan Bahasa Di Paud Terpadu Putra Harapan Purwokerto Barat (Studi Kasus Pada Anak Dengan Speech Delay).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SPEECH DELAY MERUPAKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK JAUH LEBIH RENDAH DIBANDINGKAN DENGAN RATA-RATA ANAK PADA SEUSIANYA. ANAK-ANAK YANG MENGALAMI SPEECH DELAY SERINGKALI MENGALAMI KESULITAN DALAM MEMPERHATIKAN KELAS, MEMAHAMI INSTRUKSI GURU, DAN KURANGNYA INTERAKSI SOSIAL. HAL INI SANGAT BERDAMPAK NEGATIF TERHADAP KINERJA AKADEMIS ANAK SERTA KESEJAHTERAAN EMOSIONAL DAN JUGA INTERAKSI SOSIAL ANAK TERSEBUT. MAKA DARI ITU GURU MEMILIKI PERAN PENTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA TERUTAMA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN UPAYA GURU DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BAHASA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT. METODE PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH DESKRIPTIF KUALITATIF SERTA JENIS PENELITIANNYA ADALAH STUDI KASUS PADA ANAK SPEECH DELAY. TEKNIK PENENTUAN SUBJEK YANG DIMANA PENELITI MENGGUNAKAN TEKNIK PURPOSIVE SAMPLING. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI YAITU OBSERVASI, WAWANCARA DAN DOKUMENTASI. KEMUDIAN, DATA TERSEBUT DIANALISIS DENGAN REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKAN BAHWA UPAYA GURU DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BBAHASA PADA ANAK DENGAN SPEECH DELAY ADA BEBERAPA METODE YAITU: (1) MEDIA GAMBAR YANG MELIPUTI ARTIKULASI GAMBAR, MENYAMAKAN GAMBAR, KARTU GENDER, KARTU PROFESI; (2) STORYTELLING CARD; DAN (3) ORAL MOTOR. UNTUK KEGIATAN MEDIA GAMBAR DAN STORYCARD BOARD TIDAK SEMUA ANAK SPEECH DELAY MENDAPATKAN PEMBELAJARAN YANG SAMA. HAL INI SETIAP ANAK SPEECH DELAY MEMILIKI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DENGAN TARGET YANG BERBEDA-BEDA UPAYA GURU DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK SPEECH DELAY MEMILIKI FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT. FAKTOR PENDUKUNGNYA MELIPUTI PEMBERIAN REWARD TERHADAP ANAK SPEECH DELAY SERTA LINGKUNGAN YANG AMAN, SEDANGKAN FAKTOR PENGHAMBATNYA YAITU KURANGNYA KERJASAMA ANTARA ORANGTUA DAN GURU DALAM MENANGANI ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Speech Delay, Bahasa, Anak Usia Dini
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 410 Linguistics > 415 Structural systems (Grammar)
400 Language > 410 Linguistics > 419 Verbal language not spoken or written
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muhammad Irfan Prasetyo
Date Deposited: 23 Apr 2025 06:12
Last Modified: 30 Apr 2025 01:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30523

Actions (login required)

View Item View Item