Firda Venanda, Febriana (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA TINGKAT SELF EFFICACY RENDAH, SEDANG DAN TINGGI SISWA KELAS VIII MTs DARUL ABROR KEDUNGJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
FIRDA VENANDA FEBRIANA_1817407055.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya variasi kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy. Tujuannya menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Darul Abror Kedungjati yang diberikan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan yang tidak, berdasarkan tingkat self-efficacy rendah, sedang dan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain komparatif. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu VIII D dengan diberi perlakuan dan VIII F tidak diberi perlakuan, masing-masing kelas 29 siswa. Pengumpulan data melalui angket self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok self-efficacy tinggi memiliki rata-rata skor 89,3, sedang 74,9, dan rendah 65. Uji One-Way ANOVA (F = 30,96, p = 0,00) menunjukkan ada perbedaan signifikan antar kelompok. Uji Bonferroni mengonfirmasi bahwa setiap kategori self-efficacy siswa yang mendapatkan perlakuan TGT memiliki perbedaan signifikan dalam komunikasi matematis. Demikian juga setiap kategori self-efficacy siswa yang tidak diberi TGT memiliki perbedaan berdasarkan Uji Scheffe. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, self-effic
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy, Teams Games Tournament, MTs Darul Abror Kedungjati. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Firda Venanda Febriana |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |