Amelia, Amelia (2025) PESAN DAKWAH DALAM INSTAGRAM @DAWUHGURU ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Amelia_Pesan Dakwah Dalam Instagram @Dawuhguru Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Aktivitas dakwah di era saat ini telah mengalami perkembagan yang pesat dalam menjangkau lebih banyak masyarakat melalui media sosial. Dengan adanya kemajuan teknologi, masyarakat mengalami kemudahan dalam mengakses informasi. Namun, tidak dapat sangkal bahwa hal tersebut dapat memunculkan berita bohong (hoax), konten Islam garis keras, hingga konten negatif. Sehingga dakwah di media sosial sebagai peluang baru dalam menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh akun Instagram @dawuhguru yang hadir sejak 27 November 2017 dengan mengemas konten dakwah yang lebih moderat dan menarik melalui gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah pada akun Instagram @dawuhguru menurut analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang meliputi representament, object, dan interpretant dengan memahami unsur tanda dari segi acuannya, yaitu ikon, indeks, dan simbol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dapat menghasilkan pendiskripsian yang mendalam. Fokus penelitian ini adalah analisis terhadap lima postingan gambar akun Instagram @dawuhguru periode bulan Juli 2024. Postingan gambar yang berisi pesan dakwah dianalisis menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara dengan founder @dawuhguru melalui WhatsApp, observasi terhadap postingan gambar di akun tersebut, serta dokumentasi yang diperoleh dari sumber tertulis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lima postingan dalam akun Instagram @dawuhguru ditemukan tiga struktur semiotika Charles Sanders Peirce berupa tanda, simbol, dan interpretant, dengan acuan tanda seperti icon, index, symbol. Dimana yang mempunyai keragaman adalah unsur icon dan index. Dalam lima postingan gambar tersebut memuat tiga jenis pesan dakwah yaitu akidah, akhlak, dan syariah. Pesan dakwah akidah yaitu pentingnya menuntut ilmu khususnya ilmu agama dan anjuran membaca surah Al-Ikhlas ketika masuk rumah. Selanjutnya pesan dakwah akhlak perlunya berakhlak baik, dan kesetiaan ketika sudah berumah tangga. Terakhir pesan dakwah syariah berupa pesan agar tidak mengakhirkan ibadah salat. Kemudian dalam mengemas pesan dakwah akun Instagram @dawuhguru meskipun tampilannya sederhana, akan tetapi berhasil mengintegrasikan unsur desain dengan baik pada setiap postingannya sehingga dapat menarik masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | New Media, Pesan Dakwah, Semiotika. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 602 Miscellany 800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | AMELIA AMELIA sdri |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:11 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |