Zaghrotunnisa, Nurul Azizah (2025) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI UMKM ZIZI DE BAKER BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
ZAGHROTUNNISA NURUL AZIZAH_PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LABEL HALAL,TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI UMKM ZIZI DE BAKER BANYUMAS.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan label halal terhadap kepuasan konsumen di UMKM Zizi De Baker Banyumas. Kepuasan konsumen menjadi faktor krusial pertumbuhan bisnis, terutama bagi UMKM. Dalam konteks industri makanan, label halal, harga yang kompetitif, dan kualitas produk yang baik dianggap sebagai faktor-faktor yang signifikan dalam mempengaruhi persepsi dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen UMKM Zizi De Baker Banyumas. Jumlah sampel sebanyak 97 responden dihitung melalui rumus Lemeshow dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Alat analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS versi 27 sebagai alat bantu olah data. Analisis dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2) untuk menguji pengaruh variabel independen (harga, kualitas produk, dan label halal) terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan label halal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi UMKM lainnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya dalam mempertimbangkann penetapan harga yang tepat, peningkatan kualitas produk, serta pentingnya label halal pada kemasan guna meningkatkan kepuasan konsumen dan daya saing bisnis. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Label Halal, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Kualitas Produk, Label Halal, Kepuasan Konsumen |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ZAGHROTUNNISA NURUL AZIZAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |