Anggita, Apriliana (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS (ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL) DI SD N 3 KEDUNGWULUH KECAMATAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Anggita Apriliana_Implementasi model pembelajaran Project Based Learning( PJBL) pada mata pelajaran IPAS (Ilmu pengetahuan alam dan sosial) di SD N 3 Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan guru dalam penerapan kurikulum merdeka, ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam penguasaan model pembelajaran yang interkatif dan menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran IPAS. Di mana IPAS merupakan pembelajaran yang berbasis pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa. untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai,salah satunya adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran IPAS di SD N 3 Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Impelentasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Di SD N 3 Kedungwuluh ini terdiri dari tiga tahap,yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan dengan menyusun modul ajar dengan memperhatikan kebutuhan siwa. Tahap pelaksanaan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Project based Learning yang terdiri dari enam langkah yaitu memberikan pertanyaan dasar,membuat desain proyek, menyepakati jadwal, memantau siswa dan kemajuan proyek, penilain hasil dan evaluasi pengalaman. Tahap terahir adalah evaluasi pembelajaran. evaluasi siswa dengan melakukan tiga bentuk asessmen yaitu asessmen diagnostik,asessmen formatif dan asessmen sumatif. Evaluasi penerapan model pembelajran ini juga terdapat beberapa kendala yaitu membutuhkan waktu yang lama,biaya yang besar dan keterbatasan dalam mengkondisikan kelas. Meskipun terdapat beberapa kendala tetapi pembelajaran PJBL ini berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPAS, Kurikulum Merdeka, Project Based Learning |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anggita Apriliana |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:10 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |