STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KSPPS TAMZIS BINA UTAMA CABANG PURWOKERTO)

Muhammad Muhtar, Khotib (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KSPPS TAMZIS BINA UTAMA CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K .H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Muhtar Khotib.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Perbankan syariah yang melambat di tengah penduduk yang mayoritas muslim menandakan sebuah persoalan yang perlu diperhatikan. Indonesia memiliki penduduk dengan mayoritas muslim terbesar di dunia namun market share perbankan syariah per Desember 2020 hanya baru menyentuh angka 5.99%. Angka tersebut belum menguasai pangsa pasar dengan penduduk yang mayoritas muslim. Sesuai dengan data BPS penduduk muslim berjumlah sekitar 87%. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, Dalam penelitian ini mengambil data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SWOT, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pembiayaan mudârabah dan bagaimana kesesuaiannya terhadap perspektif ekonomi Islam. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya dalam strategi pemasaran yang diterapkan oleh KSPPS TAMZIS Bina Utama Cabang Purwokerto menggunakan marketing mix 4p yaitu produk, harga, tempat, maupun promosi. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi pemasaran sudah sesuai dengan prinsip Islam, dimana dalam praktiknya terhindar dari perbuatan riba dan gharar. Pada prakteknya mekanisme pembiayaan mudârabah di TAMZIS menggunakan unsur transparansi dan juga keadilan dimana tidak akan ada kecurangan ataupun penipuan. Kemudian, berdasarkan pada analisis SWOT yang dilakukan produk pembiayaan mudârabah memiliki kekuatan berupa dasar syariah yang kuat dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, serta layanan yang lebih personal dan fleksibel dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Namun, masih terdapat kelemahan seperti rendahnya literasi masyarakat tentang produk keuangan syariah, serta persaingan yang cukup ketat dengan lembaga keuangan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Mudârabah, Keunggulan Kompetitif, KSPPS, SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Muhtar Khotib
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:49
Last Modified: 21 Mar 2025 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30028

Actions (login required)

View Item View Item