PENGARUH SERVICE QUALITY, RESTAURANT ATMOSPHERE, DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Cafe Serayu Kebasen Banyumas)

Siti, Nurfadilah (2025) PENGARUH SERVICE QUALITY, RESTAURANT ATMOSPHERE, DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Cafe Serayu Kebasen Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Siti Nurfadilah (214110201106).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Makanan kini menjadi kebutuhan dasar sekaligus gaya hidup, yang mendorong pesatnya pertumbuhan bisnis kuliner. Tren Cafe berkembang dari tempat sederhana menjadi lebih besar dan menarik, seiring meningkatnya minat anak muda terhadap suasana unik, seperti Cafe bernuansa alam. Hal ini membuka peluang bagi pelaku usaha untuk menciptakan bisnis kuliner berkualitas dengan fasilitas dan daya tarik yang sesuai pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel service quality, restaurant atmosphere, dan kualitas makanan berpengaruh terhadap variabel minat kunjung ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan perhitungan statistik untuk masalah yang diteliti, untuk menyelidiki hubungan antara dua atau lebih variabel. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS 4. Metode pengumpulan sampel yang digunakan yaitu probability sampling menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 302 sampel. Kuesioner penelitian didistribusikan melalui google form dan secara langsung kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, restaurant atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh service quality terhadap minat kunjung ulang, kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh restaurant atmosphere terhadap minat kunjung ulang, kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kualitas makanan terhadap minat kunjung ulang, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Kata Kunci: Service Quality, Restaurant Atmosphere, Kualitas Makanan, Minat Kunjung Ulang, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Restaurant Atmosphere, Kualitas Makanan, Minat Kunjung Ulang, Kepuasan Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SITI NURFADILAH
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:16
Last Modified: 21 Mar 2025 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/30022

Actions (login required)

View Item View Item