PENGARUH PRODUCT QUALITY, WORD OF MOUTH MARKETING DAN HARGA TERHADAP REPEAT ORDER KONSUMEN CIMOL NONA JUDES PURWOKERTO

Ayu Sanial, Putri (2025) PENGARUH PRODUCT QUALITY, WORD OF MOUTH MARKETING DAN HARGA TERHADAP REPEAT ORDER KONSUMEN CIMOL NONA JUDES PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AYU SANIAL PUTRI_PENGARUH PRODUCT QUALITY, WORD OF MOUTH MARKETING DAN HARGA TERHADAP REPEAT ORDER KONSUMEN CIMOL NONA JUDES PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya masyarakat di Purwokerto yang memiliki daya beli yang tinggi terhadap suatu UMKM kuliner sehingga masyarakat melakukan repeat order berupa produk makanan yang disukainya, maka muncul berbagai jenis UMKM kuliner di Purwokerto yang melakukan persaingan dengan inovasinya masing-masing seperti Cimol Nona Judes. Dengan adanya persaingan tersebut maka Cimol Nona Judes selalu berinovasi untuk menciptakan produk makanan yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan cara menciptakan product quality yang baik dan memberikan harga yang terjangkau supaya mendapatkan word of mouth marketing dari konsumen yang telah melakukan repeat order. Cimol Nona Judes merupakan salah satu UMKM dibidang kuliner yang menjual berbagai macam jenis menu dengan berbahan dasar tepung tapioka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen yang telah melakukan repeat order minimal dua kali pembelian karena dengan kriteria tersebut termasuk dalam perilaku repeat order. Jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 105 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dari rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan survei, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik Analisis Regresi Berganda dengan IBM SPSS 27. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan antara pengaruh variabel product quality, word of mouth marketing dan harga terhadap repeat order konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel product quality berpengaruh positif signifikan, word of mouth marketing berpengaruh negatif signifikan, dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap repeat order konsumen Cimol Nona Judes. Kemudian, variabel product quality, word of mouth marketing dan harga berpengaruh simultan terhadap repeat order konsumen Cimol Nona Judes Purwokerto. Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel yang lebih signifikan supaya dapat memberikan pengaruh lebih besar dalam repeat order konsumen. Kata Kunci: UMKM, Product Quality, WOM, Harga, Repeat Order

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UMKM. Product Quality, WOM, Harga, Repeat Order
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Sanial Putri
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:43
Last Modified: 14 Mar 2025 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29931

Actions (login required)

View Item View Item