Rizmah, Nabila (2025) ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI EMAS MELALUI PRODUK BSI CICIL EMAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi Pada BSI KCP Brebes Bumiayu). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Rizmah Nabila_Analisis Perilaku Masyarakat dalam Berinvestasi Emas Melalui BSI Cicil Emas dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior (Studi Pada BSI KCP Brebes Bumiayu).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kesadaran investasi di Indonesia meningkat pasca pandemi COVID-19, namun pasar modal yang dianggap paling menguntungkan tidak banyak dipilih. Banyak masyarakat Indonesia lebih memilih untuk berinvestasi dalam emas. Bank Syariah Indonesia (BSI) menyediakan produk BSI Cicil Emas sebagai solusi investasi emas secara cicilan. Namun, BSI Cicil Emas tidak termasuk dalam daftar produk pilihan masyarakat ketika berinvestasi emas. Tingginya minat masyarakat akan investasi emas juga tidak terjadi pada masyarakat wilayah Brebes Bumiayu, di mana penjualan cicil emas di BSI KCP Brebes Bumiayu tidak stabil dan belum mencapai potensi maksimalnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku masyarakat dalam berinvestasi emas melalui produk BSI Cicil Emas di BSI KCP Brebes Bumiayu, peran komponen Theory of Planned Behavior dalam memengaruhi perilaku tersebut, serta implementasi produk oleh bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat dalam berinvestasi emas melalui BSI Cicil Emas dipengaruhi oleh proses pengambilan keputusan, faktor pemilihan, pengalaman investasi, niat, dan keberlanjutan investasi. Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) efektif dalam menjelaskan perilaku tersebut. Sikap terhadap perilaku dipengaruhi oleh sikap positif terhadap stabilitas dan potensi nilai emas serta keyakinan bahwa investasi emas adalah langkah yang tepat. Norma subjektif berupa dukungan dari orang sekitar, pengaruh perilaku orang lain dan pandangan umum masyarakat. Persepsi kontrol perilaku berupa informasi dan pengetahuan, aksesibilitas layanan, ketersediaan sumber daya, kemampuan mengatasi hambatan dan kendali atas keputusan investasi. Implementasi produk BSI Cicil Emas oleh BSI KCP Brebes Bumiayu melibatkan strategi pemasaran yang beragam, seperti pengurangan DP hingga 0%, penggunaan media online dan offline, serta pemberian gimmick dan souvenir untuk menarik minat masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Investasi Emas, Theory of Planned Behavior |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll) 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Rizmah Nabila sdri |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:33 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |