ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH LOGAM MULIA EMAS GUNA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DENGAN MATRIKS EFAS IFAS (STUDI KASUS PADA BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA)

Ika Putri, Nur Rizki (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH LOGAM MULIA EMAS GUNA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DENGAN MATRIKS EFAS IFAS (STUDI KASUS PADA BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ika Putri Nur Rizki_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH LOGAM MULIA EMAS GUNA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DENGAN MATRIKS EFAS IFAS (Studi Kasus Pada BPRS Buana Mitra Perwira.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

BPRS sebagai lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan dan persaingan bisnis yang ketat. Oleh karena itu, diperlukan startegi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah dan mencapai tujuan perusahaan, BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga merupakan satu-satunya BPR Syariah di Purbalingga, saat ini belum berhasil mengunggulkan produk pembiayaan murabahah logam mulia emas sebab peminatnya masih rendah. Pemasaran produk yang kurang efektif menyebabkan penurunan jumlah nasabah, nasabah lebih tertarik pada pembiayaan lain yang dianggap lebih memenuhi kebutuhannya. Analisis SWOT dengan Matriks EFAS dan IFAS menjadi salah satu startegi yang dapat memberikan pandangan tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan, sehingga dapat merumuskan strategi yang efektif untuk krmajuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, studi kasus dilakukan salam penyusunan skripsi ini, analisis SWOT dengan Matriks EFAS dan IFAS menjadi bagian teknik dalam menentukan strategi. Pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dengan bagian pemasaran pembiayaan dan dokumentasi yang digabungkan dalam uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dapat dilakukan oleh BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga untuk meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan murabahah logam mulia emas dengan hasil metode SWOT setelah dilakukan penelitian adalah memperluas akses pasar dengan memanfaatkan platform digital seperti bekerjasama dengan pihak programmer yang dapat membantu melakukan suatu pelayanan jarak jauh, melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi pembiayaan murabahah logam mulia emas dengan mengeluarkan aplikasi mobile banking, memberikan promo diskon biaya administrasi ketika nasabah melakukan pembiayaan murabahah logam mulia emas, meningkatkan pelayanan personal dan membangun hubungan yang baik dengan nasabah untuk meningkatkan kepercayaan nasabah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah Logam Mulia Emas, Metode SWOT, Matriks EFAS IFAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah Logam Mulia Emas, Metode SWOT, Matriks EFAS IFAS
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ika Putri Nur Rizki
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:16
Last Modified: 26 Feb 2025 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29804

Actions (login required)

View Item View Item