STRATEGI PENGEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG

Nurul, Dina (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Revisi Fiks Nurul Dina.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI TK. NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG MEMBENTUK HASIL PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL YANG BAIK BAGI ANAK USIA DINI SEHINGGA MENJADI PONDASI BAGI KEHIDUPAN ANAK SELANJUTNYA. GURU DAPAT MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENJALAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TELAH DISUSUN, INDIKATOR PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA LEMBAGA TERSEBUT YAITU KESADARAN DIRI, PENGELOLAAN DIRI, KESEDIAAN SOSIAL, PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN, KETERAMPILAN SOSIAL. DALAM PENELITIAN INI MEMILIKI RUMUSAN MASALAH YAITU : BAGAIMANA STRATEGI PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG?. TUJUAN PENELITIAN DARI PENELITIAN INI YAITU UNTUK MENGETAHUI STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL JENIS PENELITIAN PADA PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENELITIAN KUALITATIF. METODE YANG DIGUNAKAN PADA PENELITIAN INI YAITU DESKRIPTIF. LOKASI PENELITIAN TK. NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN YAITU OBSERVASI, WAWANCARA, DAN DOKUMENTASI. ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN PENELITI ANTARA LAIN KONDENSASI DATA, PENYAJIAN DATA, DAN PENARIKAN KESIMPULAN. KEABSAHAN DATA DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN TRIANGULASI SUMBER DAN TRIANGULASI TEKNIK .HASIL DARI PENELITIAN YANG DIPEROLEH YAITU STRATEGI GURU YANG DIGUNAKAN PADA TK. NEGERI PEMBINA WATUKUMPUL PEMALANG TERSEBUT MEMILIH 3 METODE YANG DISESUAIKAN DENGAN KEGIATAN INTI SETIAP HARINYA, DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI PEMBIASAAN, BERMAIN PERAN, DAN BERNYANYI UNTUK MENSTIMULUS EMOSIONALNYA. INDIKATOR YANG DISTIMULUS YAITU KESADARAN DIRI, PENGELOLAAN DIRI, KESEDIAAN SOSIAL, PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN, KETERAMPILAN SOSIAL. GURU MENSTIMULUS EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA TERSEBUT MELALUI PEMBIASAAN YANG DIAJARKAN MULAI DARI MASUK GERBANG SEKOLAH HINGGA IA PULANG SERTA DAPAT MEMBERIKAN PENUGASAN MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU, HAL TERSEBUT TENTUNYA TETAP DALAM BIMBINGAN SEORANG GURU. JIKA PENSTIMULUSAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DAPAT BERKEMBANG BAIK MAKA GURU MEMBERIKAN REWARDS PADA ANAK BERUPA STEMPEL BINTANG ATAU MAHKOTA KERTAS AGAR ANAK TERUS BERSEMANGAT DALAM MENGERJAKAN SETIAP PERILAKU BAIK YANG DIA TUNJUKKAN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, perkembangan Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: NURUL DINA AKHSANTI
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:59
Last Modified: 05 Feb 2025 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item