Latihfah, Nur Pratiwi (2025) Dukungan Sosial pada Pengembangan Minat Literasi Membaca Anak di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Latihfah Nur Pratiwi_Dukungan Sosial pada Pengembangan Minat Literasi Membaca Anak di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kehadiran dukungan sosial merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi seseorang dan mampu memberikan dampak yang baik. dimana, dukungan sosial ini merupakan merupakan bentuk dukungan dan bantuan berupa perhatian, kasih sayang, maupun bantuan instrumental dari orang-orang terdekat. Oleh karena itu, dukungan sosial menjadi salah satu hal yang membantu individu dalam mengembangkan sesuatu, terutama pengembangan minat literasi membaca pada anak. Kesuksesan RA Rumah Kreatif Wadas Kelir sebagai Pendidikan Anak Usia Dini yang memiliki program unggulan dalam pengembangan minat literasi membaca anak juga tidak luput dari kehadiran dukungan sosial yang diberikan kepada anak dalam berbagai aspek. Tentunya, dukungan sosial ini memberikan peran tersendiri dalam pengembangan minat literasi membaca anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dukungan sosial dalam pengembangan minat literasi membaca anak di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru, wali murid, dan masyarakat di sekitar RA Rumah Kreatif Wadas Kelir. Yang dilakukan dengan menggunakan teori sosial kognitif dan teori dukungan sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan dari bulan Juli sampai November. Dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian hasil, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dukungan sosial dalam mengembangkan minat literasi membaca pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang hadir akan memberikan kesejahteraan diri yang baik bagi anak. Sehingga, mampu menanamkan kebiasaan membaca menjadi sebuah aktivitas harian dalam meningkatkan kemampuan membacanya. 5 dari 6 anak yang diberikan hadiah oleh orang tuanya menyatakan bahwa dirinya menjadi lebih semangat dan rajin untuk membaca karena iming-iming hadiah yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian dukungan sosial yang plaing berperan untuk mengembangkan minat literasi membaca anak adalah dukungan penilaian pada pengembangan minat literasi membaca anak di RA Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial Literasi Membaca Anak |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Latihfah Nur Pratiwi |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/29124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |