Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Lokasi dan Atmosphere Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kos Perspektif Islam (Studi Kasus pada Mahasiswa di Purwokerto)

Revi, Nur Fitriyani (2025) Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Lokasi dan Atmosphere Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kos Perspektif Islam (Studi Kasus pada Mahasiswa di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
REVI NUR FITRIYANI_PENGARUH HARGA, KUALITAS LAYANAN, LOKASI DAN ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH KOS PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI PURWOKERTO).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar di sebuah perguruan tinggi dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh universitas tersebut. Seperti halnya masyarakat umum atau rumah tangga, mahasiswa juga melakukan aktivitas ekonomi sehari-hari termasuk konsumsi. Salah satu bentuk konsumsi mahasiswa adalah pemilihan tempat tinggal sementara (kos). Banyaknya jumlah mahasiswa di kabupaten banyumas mencapai 59.045 mahasiswa. Ketiga perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak yaitu ada pada UNSOED, UMP, dan UIN SAIZU. Dalam memilih kos diperlukan keputusan yang baik agar sesuai dengan minat dan harapan. Namun untuk alasan ekonomi, seringkali mahasiswa menginginkan kos – kosan dengan harga yang murah serta lokasi yang tidak jauh dari kampus namun kualitas yang diberikan cukup bagus dan banyak diminati oleh mahasiswa lainnya. Selain itu atmosphere atau suasana kos yang baik akan menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih kos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen harga, kualitas layanan, lokasi dan atmosphere terhadap variabel dependen yaitu keputusan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan : harga, kualitas layanan, lokasi dan atmosphere berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kos. Dalam perspektif islam, keputusan mahasiswa dalam memilih kos sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yaitu mempertimbangkan harga, kualitas layanan, lokasi dan atmosphere didasarkan pada prinsip keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan. Disisi lain, bagi pemilik kos yang tidak dapat melakukan pengawasan langsung terhadap penghuni kos (tidak tinggal di kos tersebut) disarankan untuk menambah keamanan dengan cara memasang cctv (closed circuit television) di kos tersebut agar terhindar dari hal-hal yang buruk. Kata Kunci : Harga, Kualitas Layanan, Lokasi, Atmosphere, Keputusan Mahasiswa, Perspektif Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Layanan, Lokasi, Atmosphere, Keputusan Mahasiswa, Perspektif Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Revi Nur Fitriyani
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:14
Last Modified: 16 Jan 2025 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item