STRATEGI KOMUNIKASI MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN DENGAN BAIK DAN BENAR (ANALISIS NETNOGRAFI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @SEMPETINNGAJI_)

Nailla, Salsabila (2025) STRATEGI KOMUNIKASI MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN DENGAN BAIK DAN BENAR (ANALISIS NETNOGRAFI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @SEMPETINNGAJI_). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAILLA SALSABILA_STRATEGI KOMUNIKASI MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR'AN DENGAN BAIK DAN BENAR (ANALISIS NETNOGRAFI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @SEMPETINNGAJI_.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyebaran informasi mengenai agama saat ini bisa dilakukan melalui media sosial. Mengingat saat ini cukup banyak anak muda atau umat muslim yang sudah jarang membaca Al-Qur’an. Dengan melakukan penyebaran konten mengenai agama melalui media sosial tentang cara membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan minat baca Al-Qur’an bagi anak muda maupun umat muslim. Sebagai seseorang atau komunitas yang menyebarkan nilai agama harus mampu mengemas, membuat konten dan mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu komunitas yang memiliki visi untuk meningkatkan minat membaca al Qur’an adalah komunitas Sempetin Ngaji, komunitas ini memanfaatkan perkembangan teknologi melalui media sosial untuk mengajak anak muda untuk selalu ingat dan mempelajari Al-Qur’an dengan memanfaatkan media sosial sebagai media penyebarannya. Sebagai acuan dalam skripsi ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan netnografi. Teori Harold Lasswell dan Teori New Media digunakan sebagai dasar penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa penerapan strategi komunikasi yang digunakan oleh akun @sempetinngaji_ meliputi tahap perumusan strategi dengan memasukkan teori Komunikasi Harold D. Lasswel, tahap implementasi dengan melaksanakan program kerja dan konten yang diunggah, kemudian tahap yang terakhir adalah evaluasi strategi. Pada teori new media akun Instagram @sempetinngaji_ menggunakan dua pandangan yakni, interaksi sosial dan integrasi sosial. Strategi komunikasi pendekatan yang dilakukan oleh akun Instagram @sempetinngaji_ efektif dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an. Dengan hambatan, kurangnya konsistensi dalam pembuatan konten akibat keterbatasan waktu dan tenaga, algoritma Instagram yang mempengaruhi penyebaran dan keterbatasan dalam pembuatan konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Instagram
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nailla Salsabila
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:56
Last Modified: 15 Jan 2025 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item