Implementasi Bimbingan Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di Pondok Pesantren Al-Abna Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Nurul Amalia, Rizqi (2025) Implementasi Bimbingan Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di Pondok Pesantren Al-Abna Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nurul Amalia Rizqi_2017101106 .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak pada usia dasar (6-12 tahun) mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang membentuk kepribadian dan karakter mereka. Menurut Havighurst salah satu tugas perkembangan anak usia dasar yaitu dengan tercapainya kemandirian pribadi. Namun dalam pembetukannya seringkali terdapat hambatan dan tantangan yang disebabkan lemahnya kemandirian pada anak, sehingga anak akan cenderung ingin dipenuhi kebutuhannya dan apabila belum terpenuhi kebutuhannya, anak akan melakukan perilaku negatif. Oleh sebab itu, perlu adanya bimbingan dan dukungan yang diberikan untuk anak pada usia dasar. Dalam konteks bimbingan spiritual, Pondok Pesantren menjadi lembaga yang mengajarkan bimbingan spiritual. Dan salah satu Pondok Pesantren yang memfokuskan bimbingan spiritual kepada anak usia dasar adalah Pondok Pesantren Al-Abna sebagai sarana proses terbentuknya kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menggambarkan implementasi bimbingan spiritual untuk meningkatkan kemandirian dan faktor pendukung serta penghambat kemandirian anak di Pondok Pesantren Al-Abna. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemandirian pada anak dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan bimbingan spiritual yang berada di Pondok Pesantren. Terdapat beberapa metode yang dapat meningkatkan kemandirian anak di Pondok Pesantren Al-Abna diantaranya metode nasihat untuk membentuk kemandirian tingkah laku, metode kelompok untuk membentuk kemandirian sosial dan metode pembiasaan untuk membentuk kemandirian tingkah laku. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dari implementasi diantaranya faktor pendukung dari pola asuh keluarga yang sudah anak dapatkan, usia, pendidikan, interaksi sosial dan pembiasaan. Faktor penghambatnya dari diri sendiri dan lingkungan pertemanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual, Kemandirian, Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Amalia Rizqi
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:14
Last Modified: 15 Jan 2025 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item