Rismawati, Saputri (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN JAMAAH KBIHU AL HUDA JETIS KEBUMEN TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Rismawati Saputri_Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah KBIHU Al Huda Jetis Kebumen Tahun 2024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pelanggan adalah kondisi dimana keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan terhadap produk atau jasa terpenuhi. Dalam industri jasa, salah satu faktor kunci yang menentukan kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh dari kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah yang ada di KBIHU Al Huda Jetis Kebumen Tahun 2024 secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen KBIHU Al Huda Jetis yang telah melakukan ibadah haji di Tahun 2024. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 83 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah KBIHU Al Huda Jetis Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan t hitung sebesar 5,444 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Variabel Fasilitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah KBIHU Al Huda Kebumen. Hal ini dibuktikan t hitung 4,644 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Sedangkan secara simultan, variabel kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah di KBIHU Al Huda Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan f hitung sebesar 93,983 yang lebih besar dari f tabel sebesar 3,110.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Jamaah |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Rismawati Saputri |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:09 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |