PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN JAMAAH KBIHU AL HUDA JETIS KEBUMEN TAHUN 2024

Rismawati, Saputri (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN JAMAAH KBIHU AL HUDA JETIS KEBUMEN TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rismawati Saputri_Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah KBIHU Al Huda Jetis Kebumen Tahun 2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah kondisi dimana keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan terhadap produk atau jasa terpenuhi. Dalam industri jasa, salah satu faktor kunci yang menentukan kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh dari kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah yang ada di KBIHU Al Huda Jetis Kebumen Tahun 2024 secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu konsumen KBIHU Al Huda Jetis yang telah melakukan ibadah haji di Tahun 2024. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 83 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah KBIHU Al Huda Jetis Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan t hitung sebesar 5,444 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Variabel Fasilitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah KBIHU Al Huda Kebumen. Hal ini dibuktikan t hitung 4,644 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Sedangkan secara simultan, variabel kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah di KBIHU Al Huda Kebumen. Hal ini dibuktikan dengan f hitung sebesar 93,983 yang lebih besar dari f tabel sebesar 3,110.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Jamaah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rismawati Saputri
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:09
Last Modified: 14 Jan 2025 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28728

Actions (login required)

View Item View Item