TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

Putri, Puji Astuti (2025) TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Putri Puji Astuti-Total Quality Management (TQM) Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan pendekatan manajemen yang berfokus pada kepuasan pelanggan dengan melakukan perbaikan berkelanjutan melalui keterlibatan seluruh pihak dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi TQM sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan di UPT Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitin lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu melibatkan wawancara mendalam, observasi langsung, dan analilsis dokumen. Lokasi yang diteliti adalah UPT Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, dan pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UPT Perpustakaan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto berhasil menerapkan TQM melalui proses yang terstuktur dan komprehensif untuk meningkatkan kualitas layanan. Tahapan yang dilalui mencakup tahap persiapan, perencanaan, dan pelaksanaan, dengan memegang teguh prinsip utama TQM yaitu fokus pada pengguna, perbaikan secara berkesinambungan, keterlibatan karyawan, serta manajemen berdasarkan fakta. Dalam impelentasinya perpustakaan juga memastikan setiap unsur utama dalam TQM terintegrasi dengan baik. Hal tersebut memberikan dampak positif bagi kualitas layanan di perpustakaan, perpustakaan mendapat nilai kualitas layanan yang memuaskan dinilai dari segi mutu dan dari segi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna, Kualitas Layanan, Perpustakaan, Total Quality Management (TQM)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Depositing User: Putri Puji Astuti
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:35
Last Modified: 14 Jan 2025 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item