Fina, Damayanti (2025) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI FINA DAMAYANTI 214110402245.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Purwokerto. Sampel pada penelitian terdiri dari 68 siswa. Sampel ini diambil melalui teknik purpose sampling. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental. Instrumen pada penelitian ini berupa angket, pre-test, dan post-test. Data penelitian dianalisis menggunakan uji non-parametrik. Berdasarkan uji wilcoxon, ditemukan bahwa metode tutor sebaya memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-text pada kelas eksperimen. Selain itu, untuk membandingkan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji mann-whitney. Hasil analisis menunjukkan nilai 0,001, yang juga lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, metode tutor sebaya terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode tutor sebaya, pendidikan agama islam |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 300 Social sciences > 303 Social processes |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Damayanti |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:10 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |