Riski, Vianto (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SOKARAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI RISKI VIANTO_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di SMP Negeri 2 Sokaraja terkait kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya media pembelajaran yang dipilih. Media pembelajaran sangat penting untuk diperhatikan dalam menunjang pembelajaran yang lebih efektif yaitu dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran android berbasis kontekstual yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi geometri kelas VII di SMP Negeri 2 Sokaraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran android berbasis kontekstual dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil persentase pada validasi ahli materi sebesar 91,176%, ahli media sebesar 92,33%, penilaian guru sebesar 87,5%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 95,709%, dan penilaian uji lapangan sebesar 90,51%. Selanjutnya, dilakukan uji-t dua sampel bebas yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,012 < 0,050. Efektivitas media pembelajaran android berbasis kontekstual pada materi geometri ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yaitu rata-rata skor N-Gain sebesar 0,7616 dengan kategori “Tinggi” lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,5191 dengan kategori “Sedang”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran android berbasis kontekstual pada materi geometri efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kela VII di SMP Negeri 2 Sokaraja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Kontekstual, Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Riski Vianto |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:10 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |