PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) DENGAN MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 BATURRADEN

Irma, Hanifah (2025) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) DENGAN MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 BATURRADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Irma Hanifah_Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievment Division) Dengan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Baturraden.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional yang membantu peserta didik dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran PAI, guru perlu memilih dan menerapkan model serta media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievment Division). Guru juga bertanggung jawab untuk mengemas pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif yaitu powerpoint. Skripsi ini membahas tentang penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievment Division) dengan media powerpoint dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Baturraden. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model cooperative learning tipe STAD dengan media powerpoint dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang dipilih yaitu penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dengan media powerpoint berjalan dengan efektif sesuai tahapan yang ditetapkan. Adapun perencanaannya yaitu penyusunan ATP dan pembuatan modul ajar meliputi pemilihan model dan media pembelajaran. Tahapan pelaksanaannya yaitu penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. Evaluasi peserta didik dilihat dari hasil kuis individu, keaktifan dalam diskusi, dan presentasi. Penerapan model ini memunculkan keterlibatan aktif peserta didik untuk saling bekerja sama dan membantu memahami materi dalam rangka mencapai prestasi belajar maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, STAD (Student Teams Achievment Division), Powerpoint, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IRMA HANIFAH
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:34
Last Modified: 13 Jan 2025 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item