Rizqina, Tsania (2025) PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP N 2 KEMBARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Rizqina Tsania_Penanaman Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SMP N 2 Kembaran dan Relevansinya dengan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan spiritual di era modern menjadi semakin penting karena banyak orang merasa kekurangan dalam hal makna dan tujuan hidup. Penanaman kecerdasan spiritual yang dilakukan sejak dini dapat mengarahkan siswa agar menjadi pribadi yang cerdas secara spiritual sehingga dapat tumbuh menjadi generasi yang memiliki moral dan martabat yang baik dalam menjalankan kehidupannya. Adapun penanaman kecerdasan spiritual siswa dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan intrakurikuler pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Melalui penanaman kecerdasan spiritual ini, siswa SMP N 2 Kembaran menunjukkan spiritual yang baik berupa terbiasa melakukan doa pagi, shalat berjamaah dan bersikap santun kepada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penanaman kecerdasan spiritual siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan di SMP N 2 Kembaran dan relevansinya dengan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP N 2 Kembaran. Dengan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, pembina Pramuka, guru PAI dan Budi Pekerti, serta siswa-siswa SMP N 2 Kembaran. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan merupakan salah satu kegiatan yang didalamnya terdapat penanaman kecerdasan spiritual siswa di SMP N 2 Kembaran. Bentuk penanaman kecerdasan spiritual tersebut adalah: pengkondisian di awal kegiatan, meliputi kegiatan latihan rutin Kepramukaan, latihan kepemimpinan, dan bakti sosial; penanaman kehadiran Allah Swt., meliputi kegiatan doa bersama, shalat berjamaah, hafalan surat pendek, dan perayaan hari besar agama; peningkatan sikap sabar, meliputi kegiatan apel dan upacara, latihan rutin Kepramukaan, perkemahan, dan bakti sosial; dan peningkatan kepedulian sosial, meliputi kegiatan bakti sosial, bumbung kemanusiaan, tali asih, dan latihan pertolongan pertama; (2) Penanaman kecerdasan spiritual siswa melalui ekstrakurikuler Kepramukaan memiliki relevansi dengan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, terdapat berbagai materi pembelajaran yang menunjang penanaman kecerdasan spiritual, terutama yaitu pada materi Akidah, dan Akhlak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Ekstrakurikuler Kepramukaan, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizqina Tsania |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 01:38 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 01:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |