PENGARUH REKOMENDASI DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Kasus Produk Skincare di Rumah Kecantikan Permata Beauty Care Ajibarang)

Ade, Puji Lestari (2024) PENGARUH REKOMENDASI DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Kasus Produk Skincare di Rumah Kecantikan Permata Beauty Care Ajibarang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ade Puji Lestari_PENGARUH REKOMENDASI DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan kemajuan ekonomi, teknologi, dan budaya di era modern, perawatan kecantikan, terutama bagi wanita, telah menjadi kebutuhan penting. Gaya hidup saat ini menuntut perhatian lebih terhadap penampilan, menjadikan perawatan kulit sebagai hal yang esensial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rekomendasi, perceived quality, dan kepercayaan terhadap minat beli produk Permata Beauty Care. Dalam industri kecantikan yang kompetitif, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengangkat kepercayaan sebagai variabel pemediasi untuk menganalisis pengaruh rekomendasi dan kualitas yang dirasakan terhadap minat beli produk. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 35 responden yang merupakan konsumen Permata Beauty Care. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel yang ada dalam model penelitian. Hipotesis yang diajukan mencakup pengaruh langsung antara rekomendasi dan perceived quality terhadap kepercayaan serta minat beli, baik secara langsung maupun melalui kepercayaan sebagai variabel pemediasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekomendasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan minat beli produk Permata Beauty Care, sementara perceived quality berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Meskipun kepercayaan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, namun pengaruh tersebut tidak signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Permata Beauty Care lebih fokus pada peningkatan kualitas produk dan komunikasi mengenai sertifikasi halal produk, serta mempertimbangkan faktor harga dan kemudahan akses dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi minat beli, seperti citra merek atau pengalaman pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Rekomendasi, Perceived Qualiti, Minat Beli, Kepercayaan
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ade Puji Lestari
Date Deposited: 10 Jan 2025 01:56
Last Modified: 10 Jan 2025 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28544

Actions (login required)

View Item View Item