METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SMALB B YAKUT PURWOKERTO

Rizka, Amalia (2024) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SMALB B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizka Amalia 2017402053.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Metode Pembelajaran PAI materi Shalat Bagi Anak dengan hambatan pendengaran di SMALB B Yakut Purwokerto. Fokus penelitian ini yaitu pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Shalat Bagi Anak dengan hambatan pendengaran di SMALB B Yakut Purwokerto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana Metode Pembelajaran PAI materi Shalat Bagi Anak dengan hambatan pendengaran di SMALB B Yakut Purwokerto. Dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan Teknik Triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran shalat yang digunakan oleh guru di kelas XI SMALB B Yakut Purwokerto yaitu metode ceramah, demonstrasi, pengulangan, metode komunikasi total, dan metode pembiasaan yaitu sekolah telah menerapkan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah. Selain itu, terdapat pendekatan kolaborasi dengan orang tua dalam pembelajaran PAI materi shalat sebagai pembelajaran shalat lanjutan di rumah melalui buku penghubung antara guru dengan orang tua untuk memantau kegiatan pembiasaan shalat dzuhur siswa di sekolah dan shalat lima waktu di rumah. Hasil pembelajaran shalat setelah menggunakan metode tersebut anak mempunyai pola pemahaman tentang bagaimana tata cara melakukan shalat, mengetahui waktu shalat, jumlah rakaat shalat dan bacaan-bacaan shalat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Shalat, Anak dengan Hambatan Pendengaran.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Amalia
Date Deposited: 07 Jan 2025 02:46
Last Modified: 07 Jan 2025 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28473

Actions (login required)

View Item View Item