PERAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTs AL HIDAYAH PURWASABA BANJARNEGARA

Inka Wigy, Handayani (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTs AL HIDAYAH PURWASABA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Inka Wigy Handayani_Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Al Hidayah Purwasaba Banjarnegara.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka belajar adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Al Hidayah Purwasaba Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan narasumber kepala madrasah, waka kurikulum, perwakilan guru, dan kepala bagian tata usaha. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah berperan sebagai educator (pendidik), developer (pengembang), administrator, manajer, supervisor, leader (pemimpin), dan motivator dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Kepala madrasah bertanggungjawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Dalam proses perencanaan kepala madrasah sebagai educator dan developer (pengembang kurikulum) mulai dari pembentukan KOM (Kurikulum Operasional Madrasah), perencanaan modul ajar serta membentuk tim pengembang kurikulum. Dalam pelaksanaan kepala madrasah sebagai manajer, leader (pemimpin) yang selalu mengarahkan, membimbing serta mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka. Dalam evaluasi kepala madrasah sebagai supervisor, administrator, motivator dalam implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Inka Wigy Handayani
Date Deposited: 06 Jan 2025 06:08
Last Modified: 06 Jan 2025 06:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28460

Actions (login required)

View Item View Item